A
,PENDAHULUAN,
SEJARAH
GOROM
SumpahPalapaadalahsuatupernyataan/sumpah yang
dikemukakanolehGajah MadapadaupacarapengangkatannyamenjadiPatihAmangkubhumiMajapahit, tahun 1258 Saka (1336M).
Sira Gajah MadapatihAmangkubhumi tan
ayunamuktiapalapa, sira Gajah Mada: “Lamunhuwuskalahnusantaraisunamuktipalapa,
lamunkalah ring Gurun, ring Seran, TañjungPura, ring Haru, ring Pahang,
Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samanaisunamuktipalapa”.
Terjemahannya,
Beliau Gajah MadaPatihAmangkubumitidakinginmelepaskanpuasa.Beliau Gajah Mada,
“Jikatelahmengalahkan Nusantara, saya (baruakan) melepaskanpuasa.
JikamengalahkanGurun, Seram, TanjungPura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda,
Palembang, Tumasik, demikianlahsaya (baruakan) melepaskanpuasa”.
Dari
isinaskahinidapatdiketahuibahwapadamasadiangkatnya
Gajah Mada, sebagianwilayah Nusantara yang
disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit. Pada pengukuhan Gajah mada sebagai patih,
iamelontarkansumpahnyauntukmenaklukandaerah Nusantara yang belum ditaklukannya,
diantaranyaadalah, Gurun (Goran/Gorom),
danSeram. Disebutkan bahwa Gurun adalah suatu daerah
di Bali yang dikenal sebagai Nusa Penida.Namun Gurun adalah suatu daerah di daerah
Indonesia BagianTimur yakni salah satupulau yang terletak di sepanjang gugusan kepulauan Seram Bagian Timur
(SBT).Sedangkan Seran (P.Seram) adalah induk dari pulau-pulau yang mengelilinginya.
Gurun (Goran/Gorom)sendiri merupak anpulau yang mayoritas penduduknya memeluk agama
Islam yang di yakini bahwa Islam masuk kemaluku lebih awal dari kerjaan Islam Pasai
di Aceh.Perlu di pahami bersamamenurutpembahasanpenyebaran Islam
dalamliteratursejarah, bahwaislammasukke Indonesia pertama kali
melaluijalurperdagangandanperkawinanolehsaudagar-saudagardariGujarat (salahsatutempat di India) di
ikutiolehparasaudagar-saudagardariTimur Tengah.
Mengingatbahwakemahsyurannegeripara raja-raja (Al-Mulk), Moluccas,
Malukuakanhasilrempah-rempahinimenyebarseanteroduniasaatitu,
menyebabkanbanyakekspedisi-ekspedisioleh orang- orang CinasalahsatunyaadalahLaksaman Cheng Ho, AlburquerquedariEropa,
sertaparasaudagarTimur-tengahdanAfrika. Asumsiini yang
mendasaribahwaislampertama kali di Maluku, melaluiperdagangankarenapadasaat
yang samamalukudikenaldenganhasilrempah, danjalurperdagangan di
malukusemakinramai.
Banyakbangsadatangdanberniaga,
di sampingberniagamerekapunmenyebarkan agama antara lain adalah Islam yang
dibawaparasaudagardari Gujarat danTimur Tengah
melaluicara-carasepertidisebutkansebelumnya, Islam
selanjutnyamenyebarkedaerah-daerahdiseluruhnusantara. Halinimasihakanterusdikajisecaracermatuntukmenguakfaktasejarahmengenaimasuknyaislam
di Indonesia secaracermatdanmenyeluruh. SebagaianakdaerahperlukiranyamengkritisidariisiSumpahPalapaGajahmadaberkenaandengandaerah
yang disebutkansebelumnyayakniGurun(Goran,Gorom).
Padapenjabaranasal-usuldaerah di paparkanbahwaGurunadalahsuatutempat di Bali
yang bernamaNusa Penida.Penulisselakuanakdaerah
yang sejakkecilbanyakmendengardaripara orang tuabahwaGurun, Goran,
Goromadalahsalahsatudaerah yang disebutkandalamsumpahpalapa, Gurun (baca
‘goran) merupakansalahsatupulaubesar di gugusankepulauanSeramBagianTimur yang
di sebutdalambahasasetempat“Goran
tuber tolu” di yakinihampirsebahagianpenduduknyasebagaidaerah yang
disebutkankangajahmadaakanditaklukannya,
meskipundalamliteratursejarah di sebutkan Nusa Penida, Bali adalahGurun.
KulturMasyarakatgoranitusendirimasihadasedikitpraktek-praktekhinduisme,
yang berakulturasidenganbudayaserta agama islam yang menjadimayoritas di sana,
antara lain adalahmembakarkemenyansaatmendoakan orang yang telahmeninggaldunia
(tahlil) dan lain-lain. Hal inimenegaskanbahwadaerahinipernahadaajaranHinduisme
yang nota beneberkaitandenganMajapahitjauhsebelum Islam masuk di
Maluku.Padadasarnyakritikinimerupakankegundahanpenulisterhadapfaktasejarah yang
takakanpernahberhentiuntukterus di gali. Sebagaiinsanintelektualperlu di
sampaikandisinibahwatidakadapretensiapapundalampenulisanini, sebaliknyasebagaisuatuwahanapembelajarandanpengayaanbagipenulis
Pulaugorommerupakandaerahadatistiadatyang
di bawahsejakturuntimurundrinenekmoyangterdahulu,simtempemerintahan yang di
anutadalah system Raja,Raja di angkatmenurutketurunanataumangga,missalnyamargawatimena
raja kataloka,darlean raja kotasiri, dll(menurutsilah-silahraja di lihatdariketurunan,dari
raja perama )
Dilihatdarisejarahpulaugoromhanyaterdapatempatorang,yaitu
: Raja ondor( alialideron ).Raja Kataloka ( matuhideron ),Raja Amarsekarudan
Raja Kotasiri ( Suli-sulideron ),merekamerupakan raja awal,yangsisanyahanyapembanturaja,yang
di sebutongai (bahasadaera,)namunsetelah raja
awalmeminggal,terjadikonflikantara raja yang barudenganpembatu
raja/ongaimengenaisengketatanah,makajanganherangkalausekaranggoromsendirisekarangsuadahbanyakterdapt
raja.
sumberdayaalam,
yang ada dipulaugoram di kuasaiolehRaja,baik di lautmaupun didarat,ada pun
perpanjangantangandari raja yang di sebutdengankepalasoa/kepaladusun( kepalaSoa
di angkatmenututmaraga di suatudusun,seanadaikalauada 3 marggadi
suatudusun/kampong matakepalasoa pun ada 3 )
B, PEMBAHASAN
1,
HAK PEMAN FAATAN
Hakpemanfaatansumberdayapesisir,dipegangolehmasyarakatsetempatartinya,semuasumberdaya
yang ada, dapat di mananfaatkanole msyarkatuntukkesejahteraanmasyarakatsetempatdalammemenuhikebutuhanhidup,maupununtukmencarinafka.
2,
HAK PENGGLOLAHAN
Di
pulauGoromsendiriterdiridaribeberaparaja.masing-masing raja
mengeloladaerahnya.Dia yang mengaturapasaja yang ada di daerahkekusaannya,masyakatdariluartidakmasukmengeloladaeraitu,karnaitusudahmenjadidaeranya(raja
setempat ),bias menelolaapabilaajaijindari raja setempat,
3,
HAK AKSES
Semuamasyarakatmempunyaihakkebebasanuntukakses/masuk(
hanyamasayarakatpulauGoram ),dalamhaltransportasipemanfatansumberdaya yang ada,artinyamasyarakandaridesa
lain bolehmasuk,dalamhalpemanfaatan(penangkapanikann) dantransportasi di
daerahtersebut.
4,
HAK PENGALLIHAN
Hakpengalihandalamhalmenjualataumenyewakepada
orang luar(bukanaslidaerahsetempat ),yang berhakadalah raja danjugamasyarakatsetempat,artinya
Raja mempunyaihak 50% masyarakatmempunyaihak 50%.,Maka Dalampengambilankeputusanpengalihan.dalamhalmenjualataumennyewa,jalan
yang di ambiladalahdengancaramussawaraantara raja danmasyarakat,( pengalihanbisa
di lakukanapabilasudahadapersetujuandarikeduapihak,apabilahanyasatupihat yang
sejutu,namuntetapmelakukanpengalihan,makandenganpastiakanterjadikonfik,antarapihaksejutudan
yang tidaksetuju)
5.
HakEksklusi
Hakeksklusifyaituhakuntukmenentukansiapa
yang bolehmemilikihakaksesdanbagaimanahakaksestersebutdialihkankepihak lain.
Berdasarkanuraiantersebutdiataspemerintahanpulaugorommemilikiaturantentang
orang yang bolehmemilikihakaksesdancaradialihkanhaktersebutkepadapihaklain,
yakni orang yang
bolehmemilikihakaksesharuslahmemilikisuratizinpengoperasiandaripemerintahdesa,
dancara yang dipakaidalammengalihkanhaktersebutkepada orang lain
adalahmelakukansuatu proses pengurusantentangpengalahanhaktersebut.
DAFTAR
PUSTAKA
,ANSAR W,2009,raja kataloka(wawancara
)
http://www.serambagiantimurkab.go.id/default.asp?v=pr&id=72
Tidak ada komentar:
Posting Komentar