Kamis, 23 Oktober 2014

HAK PEMELIKAN SUMBERDAYA YANG BERADA DI PUULAU GOROM



HAK PEMELIKAN SUMBERDAYA YANG BERADA DI PUULAU GOROM

A ,PENDAHULUAN,
SEJARAH GOROM

SumpahPalapaadalahsuatupernyataan/sumpah yang dikemukakanolehGajah MadapadaupacarapengangkatannyamenjadiPatihAmangkubhumiMajapahit, tahun 1258 Saka (1336M).
SumpahPalapainiditemukanpadateksJawaPertengahanPararaton, yang berbunyi,
Sira Gajah MadapatihAmangkubhumi tan ayunamuktiapalapa, sira Gajah Mada: “Lamunhuwuskalahnusantaraisunamuktipalapa, lamunkalah ring Gurun, ring Seran, TañjungPura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samanaisunamuktipalapa”.
Terjemahannya,
Beliau Gajah MadaPatihAmangkubumitidakinginmelepaskanpuasa.Beliau Gajah Mada, “Jikatelahmengalahkan Nusantara, saya (baruakan) melepaskanpuasa. JikamengalahkanGurun, Seram, TanjungPura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlahsaya (baruakan) melepaskanpuasa”.

Dari isinaskahinidapatdiketahuibahwapadamasadiangkatnya Gajah Mada,  sebagianwilayah Nusantara yang disebutkan pada sumpahnya belum dikuasai Majapahit. Pada pengukuhan Gajah mada sebagai patih, iamelontarkansumpahnyauntukmenaklukandaerah Nusantara yang belum ditaklukannya, diantaranyaadalah, Gurun (Goran/Gorom), danSeram. Disebutkan bahwa Gurun adalah suatu daerah di Bali yang dikenal sebagai Nusa Penida.Namun Gurun adalah suatu daerah di daerah Indonesia BagianTimur yakni salah satupulau yang terletak di sepanjang gugusan kepulauan Seram Bagian Timur (SBT).Sedangkan Seran (P.Seram) adalah induk dari pulau-pulau yang mengelilinginya.
Gurun (Goran/Gorom)sendiri merupak anpulau yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam yang di yakini bahwa Islam masuk kemaluku lebih awal dari kerjaan Islam Pasai di Aceh.Perlu di pahami bersamamenurutpembahasanpenyebaran Islam dalamliteratursejarah, bahwaislammasukke Indonesia pertama kali melaluijalurperdagangandanperkawinanolehsaudagar-saudagardariGujarat (salahsatutempat di India) di ikutiolehparasaudagar-saudagardariTimur Tengah. Mengingatbahwakemahsyurannegeripara raja-raja (Al-Mulk), Moluccas, Malukuakanhasilrempah-rempahinimenyebarseanteroduniasaatitu, menyebabkanbanyakekspedisi-ekspedisioleh orang- orang CinasalahsatunyaadalahLaksaman Cheng Ho, AlburquerquedariEropa, sertaparasaudagarTimur-tengahdanAfrika. Asumsiini yang mendasaribahwaislampertama kali di Maluku, melaluiperdagangankarenapadasaat yang samamalukudikenaldenganhasilrempah, danjalurperdagangan di malukusemakinramai.
Banyakbangsadatangdanberniaga, di sampingberniagamerekapunmenyebarkan agama antara lain adalah Islam yang dibawaparasaudagardari Gujarat danTimur Tengah melaluicara-carasepertidisebutkansebelumnya, Islam selanjutnyamenyebarkedaerah-daerahdiseluruhnusantara. Halinimasihakanterusdikajisecaracermatuntukmenguakfaktasejarahmengenaimasuknyaislam di Indonesia secaracermatdanmenyeluruh. SebagaianakdaerahperlukiranyamengkritisidariisiSumpahPalapaGajahmadaberkenaandengandaerah yang disebutkansebelumnyayakniGurun(Goran,Gorom). Padapenjabaranasal-usuldaerah di paparkanbahwaGurunadalahsuatutempat di Bali yang bernamaNusa Penida.Penulisselakuanakdaerah yang sejakkecilbanyakmendengardaripara orang tuabahwaGurun, Goran, Goromadalahsalahsatudaerah yang disebutkandalamsumpahpalapa, Gurun (baca ‘goran) merupakansalahsatupulaubesar di gugusankepulauanSeramBagianTimur yang di sebutdalambahasasetempat“Goran tuber tolu” di yakinihampirsebahagianpenduduknyasebagaidaerah yang disebutkankangajahmadaakanditaklukannya, meskipundalamliteratursejarah di sebutkan Nusa Penida, Bali adalahGurun.
KulturMasyarakatgoranitusendirimasihadasedikitpraktek-praktekhinduisme, yang berakulturasidenganbudayaserta agama islam yang menjadimayoritas di sana, antara lain adalahmembakarkemenyansaatmendoakan orang yang telahmeninggaldunia (tahlil) dan lain-lain. Hal inimenegaskanbahwadaerahinipernahadaajaranHinduisme yang nota beneberkaitandenganMajapahitjauhsebelum Islam masuk di Maluku.Padadasarnyakritikinimerupakankegundahanpenulisterhadapfaktasejarah yang takakanpernahberhentiuntukterus di gali. Sebagaiinsanintelektualperlu di sampaikandisinibahwatidakadapretensiapapundalampenulisanini, sebaliknyasebagaisuatuwahanapembelajarandanpengayaanbagipenulis
            Pulaugorommerupakandaerahadatistiadatyang di bawahsejakturuntimurundrinenekmoyangterdahulu,simtempemerintahan yang di anutadalah system Raja,Raja di angkatmenurutketurunanataumangga,missalnyamargawatimena raja kataloka,darlean raja kotasiri, dll(menurutsilah-silahraja di lihatdariketurunan,dari raja perama )
            Dilihatdarisejarahpulaugoromhanyaterdapatempatorang,yaitu : Raja ondor( alialideron ).Raja Kataloka ( matuhideron ),Raja Amarsekarudan Raja Kotasiri ( Suli-sulideron ),merekamerupakan raja awal,yangsisanyahanyapembanturaja,yang di sebutongai (bahasadaera,)namunsetelah raja awalmeminggal,terjadikonflikantara raja yang barudenganpembatu raja/ongaimengenaisengketatanah,makajanganherangkalausekaranggoromsendirisekarangsuadahbanyakterdapt raja.

sumberdayaalam, yang ada dipulaugoram di kuasaiolehRaja,baik di lautmaupun didarat,ada pun perpanjangantangandari raja yang di sebutdengankepalasoa/kepaladusun( kepalaSoa di angkatmenututmaraga di suatudusun,seanadaikalauada 3 marggadi suatudusun/kampong matakepalasoa pun ada 3 )

B, PEMBAHASAN
1, HAK PEMAN FAATAN
Hakpemanfaatansumberdayapesisir,dipegangolehmasyarakatsetempatartinya,semuasumberdaya yang ada, dapat di mananfaatkanole msyarkatuntukkesejahteraanmasyarakatsetempatdalammemenuhikebutuhanhidup,maupununtukmencarinafka.

2, HAK PENGGLOLAHAN
Di pulauGoromsendiriterdiridaribeberaparaja.masing-masing raja mengeloladaerahnya.Dia yang mengaturapasaja yang ada di daerahkekusaannya,masyakatdariluartidakmasukmengeloladaeraitu,karnaitusudahmenjadidaeranya(raja setempat ),bias menelolaapabilaajaijindari raja setempat,
3, HAK AKSES
Semuamasyarakatmempunyaihakkebebasanuntukakses/masuk( hanyamasayarakatpulauGoram ),dalamhaltransportasipemanfatansumberdaya yang ada,artinyamasyarakandaridesa lain bolehmasuk,dalamhalpemanfaatan(penangkapanikann) dantransportasi di daerahtersebut.

4, HAK PENGALLIHAN
Hakpengalihandalamhalmenjualataumenyewakepada orang luar(bukanaslidaerahsetempat ),yang berhakadalah raja danjugamasyarakatsetempat,artinya Raja mempunyaihak 50% masyarakatmempunyaihak 50%.,Maka Dalampengambilankeputusanpengalihan.dalamhalmenjualataumennyewa,jalan yang di ambiladalahdengancaramussawaraantara raja danmasyarakat,( pengalihanbisa di lakukanapabilasudahadapersetujuandarikeduapihak,apabilahanyasatupihat yang sejutu,namuntetapmelakukanpengalihan,makandenganpastiakanterjadikonfik,antarapihaksejutudan yang tidaksetuju)
5.      HakEksklusi
Hakeksklusifyaituhakuntukmenentukansiapa yang bolehmemilikihakaksesdanbagaimanahakaksestersebutdialihkankepihak lain. Berdasarkanuraiantersebutdiataspemerintahanpulaugorommemilikiaturantentang orang yang bolehmemilikihakaksesdancaradialihkanhaktersebutkepadapihaklain, yakni orang yang bolehmemilikihakaksesharuslahmemilikisuratizinpengoperasiandaripemerintahdesa, dancara yang dipakaidalammengalihkanhaktersebutkepada orang lain adalahmelakukansuatu proses pengurusantentangpengalahanhaktersebut.

DAFTAR PUSTAKA
,ANSAR W,2009,raja kataloka(wawancara )
http://www.serambagiantimurkab.go.id/default.asp?v=pr&id=72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar